Penanganan Umum Influenza atau Flu Tanpa Obat

Flu yang umum dialami biasanya disebabkan oleh sejenis virus yang disebut rhinovirus. Virus ini paling lazim menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), namun juga bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah dan terkadang pneumonia. Rhinovirus paling umum tersebar pada bulan Maret-Oktober dan mempunyai periode inkubasi yang pendek (biasanya selama 12-72 jam). Pengobatan alami untuk flu bertujuan mengoptimalkan sistem imun dalam membasmi rhinovirus. Meskipun belum ada obat yang bisa menyembuhkan flu biasa, pengobatan alami bisa mendukung sistem imun dengan bantuan berbagai bahan-bahan alami seperti rempah-rempah, vitamin, dan mineral.

  • Banyaklah beristirahat. Jika bisa, mintalah izin untuk tidak masuk kerja dan beristirahat. Bekerja saat sakit bisa memperlama waktu pemulihan. Jika beristirahat di rumah, Anda akan lebih cepat pulih dan mencegah penularan flu kepada karyawan lain.
  • Jika anak Anda sakit flu, biarkan anak tidak masuk sekolah dan beristirahat di rumah. Guru dan orang tua murid yang lain akan menghargainya!
  • Minumlah banyak cairan.[3] Cairan yang dimaksud adalah air putih, jus, teh, dan kaldu ayam atau sayuran yang bening. Sup ayam sangat bagus untuk mengatasi flu biasa.
  • Pastikan untuk meminum banyak air putih. Saran kecil ini berlaku untuk setiap saat, namun lebih penting saat sakit flu. Minimal, cobalah untuk meminum 8-10 gelas 240 ml air putih setiap hari.
  • Kopi, minuman beralkohol, “jus” yang mengandung gula, dan minuman bersoda justru akan memicu dehidrasi.
  • Pepermin dan teh hijau mengandung banyak antioksidan dan membantu membuka saluran pernapasan. Anda juga bisa menambahkan madu untuk meredakan tenggorokan yang sakit.
  • Cobalah untuk makan, meskipun nafsu makan Anda mungkin sangat rendah. Sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C seperti brokoli, jeruk, stroberi, bayam, dan paprika, bagus untuk dikonsumsi. Sup dan shake pengganti makanan juga bagus, namun apa pun yang bisa mencegah peningkatan berat badan adalah bonus.
  • Tentukan apakah Anda harus menghubungi dokter atau tidak. Flu sering kali tidak perlu diperiksakan ke dokter.

Namun, hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala berikut:

  • Demam dengan suhu yang lebih tinggi dari 40°C. Hubungi dokter jika anak Anda usianya kurang dari 6 bulan dan mengalami demam.
  • Hubungi juga dokter jika anak (dengan usia berapa pun) mengalami demam dengan suhu 40°C atau lebih.
  • Jika gejala-gejalanya berlangsung selama lebih dari 10 hari.
  • Jika gejalanya parah dan Anda mengalami gejala yang tidak biasa seperti sakit kepala yang parah, mual atau muntah, dan kesulitan bernapas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s